Sedekah Bikin Kaya

                     

Mau Jago SEO ?? JOIN Sekarang FREE!!!

Monday, February 4, 2013

...tapi sebenarnya ada 2 bagian tubuh yang terbebas dari kanker....

Bisa dibilang kanker termasuk salah satu penyakit yang bisa menyerang hampir semua bagian tubuh. Tapi sebenarnya ada 2 bagian tubuh yang terbebas dari kanker, apa saja itu?

Diketahui hampir semua tempat di tubuh bisa terkena kanker, mulai dari kepala, mata, hidung, mulut, tenggorokan, jantung, hati, usus, organ reproduksi hingga ujung kaki. Namun sel kanker tidak bisa menyerang rambut dan kuku.

"Karena rambut dan kuku tidak memiliki pembuluh darah,
sedangkan sel kanker perlu darah sebagai nutrisinya," ujar Dr dr Andhika Rachman,SpPD-KHOM saat dihubungi detikhealth, Senin (4/2/2013).

Selain itu ada kemungkinan karena pertumbuhan rambut dan kuku yang cepat serta selalu dipotong ujungnya dengan teratur membuat bagian tubuh ini terus diganti dengan yang baru.

Kanker pada dasarnya terjadi karena mutasi sel-sel normal secara berulang sehingga membentuk sel ganas yang berkembang secara tidak terkendali, serta mengganggu kelangsungan hidup sel-sel normal. Seluruh sel-sel di bagian tubuh yang bisa membelah dapat berubah menjadi sel kanker, kecuali kuku dan rambut.

Sementara itu jika dibuat peringkat mengenai jenis-jenis kanker yang banyak menyerang orang Indonesia, Dr Andhika memberikan 3 peringkat teratas, yaitu:
1. Kanker leher dan kepala, termasuk kanker nasofaring, kanker leher hidung, kanker di kelenjar air ludah
2. Kanker payudara
3. Kanker paru

"Kanker nasofaring satu-satunya kanker yang ada di Asia. (Apakah berhubungan dengan rokok?) semua itu berhubungan, kalau berapa persen belum tahu. Tapi kalau kanker paru, berdasar penelitian 99 persen karena rokok," ujar Dr Andhika yang berpraktek di RSCM dan RS Kramat 128 Jakarta.

Dr Andhika mengungkapkan sekarang ini makin banyak jumlah orang dengan kanker serviks, yang berarti makin banyak orang di luar Jawa yang datang ke RSCM karena beberapa daerah tidak memiliki alat untuk pengobatan radiasi, padahal pengobatan untuk kanker serviks ini meliputi kemoterapi dan radiasi.

Untuk itu penting melakukan deteksi dini agar kanker bisa didiagnosis pada stadium awal sehingga tingkat kesembuhan dan harapan hidupnya makin tinggi, serta menerapkan pola hidup sehat.


No comments :

Post a Comment

Lek nyambi online ojo lali ngomen ndek kene.Monggo kerso